Prinsip-prinsip Pembelajaran Berbantuan Komputer


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan komputer telah berjalan dengan pesat. Dulunya fungsi komputer hanya sebatas sebagai alat penghitung dan administrasi, namun kini komputer mulai dimanfaatkan di hampir segala bidang termasuk pendidikan baik itu di dalam administrasi pendidikan maupun kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan pembelajaran, pemanfaatan komputer dapat bermanfaat untuk mempermudah serta memperjelas materi yang akan disampaikan. Aplikasi-aplikasi komputer juga kian berkembang dan memungkinkan user dapat melakukan interaksi secara langsung dengan sumber informasi dengan media komputer. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan komputer yang dapat memberikan feedback (umpan balik) secepat mungkin kepada user.

Ada beberapa materi pelajaran yang tidak dapat disajikan secara nyata di kelas misalkan saja tentang sel dan bagian-bagiannya. Dengan media pembelajaran berbantuan komputer, sel dapat dimodelkan sedemikian rupa dengan bantuan komputer sehingga seluruh siswa di kelas dapat mengamati dan mencermati dengan jelas bagian-bagian dari sel dengan melalui LCD projector / komputer. Dapat disimpulkan fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai alat bantu serta sumber utama untuk memperjelas pesan yang hendak disampaikan oleh guru. Selain itu fungsi lainnya adalah sebagai sarana pembelajaran individual yang mana kedudukan media adalah melayani kebutuhan belajar siswa. Contoh media pembelajaran berbantuan komputer yang sedang populer saat ini adalah e-learning.

Penggunaan komputer dalam pembelajaran dapat memungkinkannya proses belajar secara individual yang akan memacu kemandirian siswa dalam belajar. Sehingga dengan demikian siswa akan mengalami proses yang lebih bermakna daripada dengan pembelajaran secara konvensional. Komputer dapat menciptakan situasi belajar yang menarik dan interaktif, dengan demikian siswa akan dirangsang untuk mengerjakan soal latihan, melakukan kegiatan laboratorium melalui simulasi karena tersedianya berbagai animasi grafik, warna, serta musik yang dapat menambah kesan nyata. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer perlu memperhatikan prinsip-prinsipnya agar tercipta media pembelajaran yang efektif dapat membantu siswa dalam belajar. Berangkat dari hal diatas, makalah ini membahas tentang prinsip-prinsip Pembelajaran Berbantuan Komputer.

B. Latar belakang

Berdasarkan latar belakang di atas, dalam makalah ini akan dibahas beberapa masalah sebagai berikut.

  1. Apakah yang dimaksud Pembelajaran Berbantuan Komputer ?
  2. Bagaiman prinsip-prinsip Pembelajaran Berbantuan Komputer ?

C. Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

  1. Menjelaskan tentang Pembelajaran Berbantuan Komputer.
  2. Menjelaskan prinsip-prinsip Pembelajaran Berbantuan Komputer

 

BAB II

PEMBAHASAN

1. Definsi Pembelajaran Berbantuan Komputer

Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer sebagai alat bantu pembelajaran, yang mencakup komputer sebagai alat bantu (tools) dan komputer sebagai tutor. Komputer sebagai i sebgai tutor maksudnya adalah komputer mengganti peranan guru dalam mengajar, mempresentasikan informasi, menguji melalui pertanyaan dan memberikan umpan balik seperti dalam pembelajaran berprogram atau melibatkan siswa dalam simulasi dan permainan.

2. Ciri Khas Pembelajaran Berbantuan Komputer

  • Siswa berada di depan komputer, kemudian siswa menginputkan pendapat dan informasinya melalui keyboard. Kemudian siswa dapat menyimak dan berkomunikasi selayaknya proses pembelajaran di dalam kelas konvensional melalui layar monitor.
  • Informasi atau materi pembelajaran disajikan untuk siswa dan siswa bebas menyerap materi seluas mungkin, siswa juga bebas melakukan reaksi terhadap materi yang diberikan pada PBK setelah siswa selesai membaca seluruh materi.
  • Setelah materi selesai dibaca siswa, layar monitor akan menampilkan pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Jika siswa menjawab benar maka akan muncul pertanyaan baru. Namun jika siswa menjawab salah maka program akan meminta siswa mengulang materi pembelajaran.

3. Prinsip Pembelajaran Berbantuan Komputer

Menurut Rusman (2013:154-156) pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) memiliki beberapa prinsip sebagai berikut :

a. Berorientasi pada Tujuan Pembelajaran.

Dalam pengembangan pembelajaran berbantuan komputer harus berorientasi atau berdasarkan pada tujuan pembelajaran, baik itu standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator yang hendak dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran. Tujuan menjadi penunjuk arah kepada perubahan yang diharapkan kepada siswa. Apapun model pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan harus berpedoman pada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam perencanaan Pembelajaran Berbantuan Komputer (misalnya RPP). Kesemuanya harus mengacu pada Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan indikator yang ditetapkan.

b. Berorientasi pada Pembelajaran Individual

Dalam pemanfaatannya, pembelajaran berbantuan komputer dilakukan secara individual oleh masing-masing siswa. Komputer memiliki kemampuan untuk berinteraksi secara individual dengan siswa misalnya dengan bertanya, memberikan nilai hasil soal latihan siswa, dan feedback. Karena dapat diakukan secara individual, pembelajaran berbantuan komputer memberikan keleluasaan bagi siswa untuk menggunakan waktu sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Siswa yang memiliki kemampuan tinggi akan cenderung lebih cepat memahami konten/ materi pelajaran yang telah diprogramkan dalam pembelajaran berbantuan komputer. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan/IQ rendah akan cenderung lambat dalam mengerjakan atau memahami konten yang ada di dalam media pembelajaran berbantuan komputer. Jadi tidak ada siswa yang dipaksa-paksa untuk memahami materi, dan tidak ada siswa yang ditahan-tahan dalam menyelesaikan materi pelajaran. Semua berjalan sesuai dengan minat dan kemampuan individu masing-masing. Pembelajaran berbantuan komputer sangat mengerti tentang perbedaan kemampuan tiap siswa, sehingga semua difasilitasi. Pada dasarnya semua siswa dapat belajar dengan pembelajaran berbantuan komputer, namun memerlukan waktu yang berbeda-beda.

Dalam media pembelajaran, media memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Media sebagai sumber belajar dapat digunakan sendiri oleh siswa secara mandiri dan disebut sebagai independent media.

c. Berorientasi pada Pembelajaran Mandiri

Dalam pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer dilaksanakan secara mandiri, guru hanya berperan sebagai fasilitator dan mediator, semua pengalaman belajar dikemas dalam program pembelajaran berbantuan komputer dan siswa mengerjakannya secara mandiri di laboratorium komputer ataupun dengan komputer yang dimiliki siswa sendiri. Kendali ada di tangan siswa, sehingga capat atau lambatnya penyerapan materi oleh siswa disesuaikan dengan tingkat penguasaannya. Pada Pembelajaran Berbantuan Komputer, siswa berinteraksi langsung dengan media interaktif berbasis komputer, sedangkan guru bertindak sebagai perancang dan programmer media pembelajaran interaktif tersebut. Disamping itu, siswa akan mendapat pengetahuan yang siap pakai dan mampu menanamkan pada siswa kebiasaan-kebiasaan belajar secara rutin, disiplin dan mandiri.

d. Berorientasi pada Pembelajaran Tuntas

Dalam pelaksanaan pembelajaran berbantuan komputer, siswa harus dapat menyelesaikan semua pengalaman belajar yang dikemas dalam program pembelajaran berbantuan komputer baik itu materi, tugas, atau evaluasi yang harus diselesaikan secara benar. Pada soal latihan, jika siswa menjawab benar maka ia akan dihadapkan pada soal selanjutnya, namun jika jawaban salah, siswa harus kembali ke materi yang belum dipahaminya baru kemudian dapat kembali menjawab soal yang terjawab salah sebelumnya. Atau pada akhir program, ditampilkan skor yang diperoleh siswa berdasarkan soal latihan yang telah dikerjakannya tadi, jika belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal maka siswa tidak dapat keluar dari program dan kembali mengulang dari awal dengan cara menekan tombol kembali dan sebagainya.

4. Point Penting dalam PBK

  • Media, yaitu alat yang digunakan untuk menunjang pengembangan dan penggunaan pembelajaran berbantuan komputer meliputi :
    • Hardware : Komputer, proyektor, LCD viewer.
    • Software : Aplikasi multimedia, misalnya Adobe Flash, Camtasia.
  • Content, yakni informasi atau materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa.
  • Exam, berkaitan mengenai bagaimana konsep evaluasi diberikan, misalkan dengan soal pilihan ganda.

 

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

  1. Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer sebagai alat bantu pembelajaran dan komputer sebagai tutor.
  2. Prinsip-prinsip Pembelajaran Berbantuan Komputer mencakup empat hal yaitu Berorientasi pada Tujuan, Berorientasi pada Pembelajaran Individual, Berorientasi pada Pembelajaran Mandiri, Berorientasi pada Pembelajaran Tuntas.
  3. Berorientasi pada Tujuan artinya, pengembangan program pembelajaran harus mengacu pada tujuan yang meliputi Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator.
  4. Berorientasi pada Pembelajaran Individual adalah siswa dapat melakukan interaksi langsung dengan komputer secara individual, sehingga siswa dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.
  5. Berorientasi pada Pembelajaran Mandiri adalah dimana siswa dapat menggunakan atau mengoperasikan program pembelajaran berbantuan komputer secara mandiri tanpa ada bantuan dari guru, karena guru hanya berperan sebagai fasilitator, perancang dan pembuat program pembelajaran tersebut.
  6. Berorientasi pada Pembelajaran Tuntas maksudnya siswa harus mampu menyelesaikan semua pengalaman belajar yang ada pada program pembelajaran berbantuan komputer dengan baik dan benar yang meliputi materi, tugas, atau evaluasi.

 

Daftar Rujukan

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s