Hubungan antara Teknologi Pendidikan Dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan komputer telah berjalan dengan pesat. Dulunya fungsi komputer hanya sebatas sebagai alat penghitung dan administrasi, namun kini komputer mulai dimanfaatkan di hampir segala bidang termasuk pendidikan baik itu di dalam administrasi pendidikan maupun kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan pembelajaran, pemanfaatan komputer dapat bermanfaat untuk mempermudah serta memperjelas materi yang akan disampaikan. Aplikasi-aplikasi komputer juga kian berkembang dan memungkinkan user dapat melakukan interaksi secara langsung dengan sumber informasi dengan media komputer. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan komputer yang dapat memberikan feedback (umpan balik) secepat mungkin kepada user.

Ada beberapa materi pelajaran yang tidak dapat disajikan secara nyata di kelas misalkan saja tentang sel dan bagian-bagiannya. Dengan media pembelajaran berbantuan komputer, sel dapat dimodelkan sedemikian rupa dengan bantuan komputer sehingga seluruh siswa di kelas dapat mengamati dan mencermati dengan jelas bagian-bagian dari sel dengan melalui LCD projector / komputer. Dapat disimpulkan fungsi utama dari media pembelajaran adalah sebagai alat bantu serta sumber utama untuk memperjelas pesan yang hendak disampaikan oleh guru. Selain itu fungsi lainnya adalah sebagai sarana pembelajaran individual yang mana kedudukan media adalah melayani kebutuhan belajar siswa. Contoh media pembelajaran berbantuan komputer yang sedang populer saat ini adalah e-learning.

Penggunaan komputer dalam pembelajaran dapat memungkinkannya proses belajar secara individual yang akan memacu kemandirian siswa dalam belajar. Sehingga dengan demikian siswa akan mengalami proses yang lebih bermakna daripada dengan pembelajaran secara konvensional. Komputer dapat menciptakan situasi belajar yang menarik dan interaktif, dengan demikian siswa akan dirangsang untuk mengerjakan soal latihan, melakukan kegiatan laboratorium melalui simulasi karena tersedianya berbagai animasi grafik, warna, serta musik yang dapat menambah kesan nyata. Sebelum mengembangkan pembelajaran berbantuan komputer, merlu memahami terlebih dahulu mengenai teknologi pembelajaran dan apa keterkaitannya dengan pembelajaran berbantuan komputer. Berangkat dari hal diatas, maka dalam makalah ini akan dibahas tentang hubungan teknologi pembelajaran dengan pembelajaran berbantuan komputer.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, dalam makalah ini akan dibahas beberapa masalah sebagai berikut.

  1. Apakah yang dimakud Teknologi Pembelajaran ?
  2. Apakah yang dimaksud Pembelajaran Berbantuan Komputer ?
  3. Bagaimana hubungan antara Teknologi Pendidikan dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer ?

C. Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :

  1. Menjelaskan tentang Teknologi Pembelajaran.
  2. Menjelaskan tentang Pembelajaran Berbantuan Komputer.
  3. Menjelaskan tentang hubungan antara Teknologi Pendidikan dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer.

 

BAB II

PEMBAHASAN

A. Teknologi Pembelajaran

Menurut Silber (1970), Teknologi pembelajaran adalah pengembangan (riset, desain, produksi, evaluasi, dukungan-pasokan, dan pemanfaatan), komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan, peralatan, teknik dan latar) serta pengelolaan usaha pengembangan (organisasi dan personal) secara sistematik, dengan tujuan untuk memecahkan masalah dalam belajar.

Menurut Commission on Instruction Technology (CIT) (1970) Teknologi Pembelajaran merupakan usaha sistematik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan manusia agar belajar dapat berlangsung efektif.

Dari dua definisi diatas dapat disimpulakan bahwa Teknologi Pembelajaran adalah suatu teori serta penerapan dalam usaha sistematis untuk mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, serta mengevaluasi keseluruhan proses dan sumber belajar secara efektif.

Terdapat lima domain Teknologi Pembelajaran yang meliputi, desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi.

1. Desain

Desain adalah proses untuk menentukan kebutuhan dan kondisi belajar. Tujuan desain adalah untuk menciptakan strategi dan produk pada tingkat makro, seperti program dan kurikulum, dan pada tingkat mikro, seperti pelajaran dan modul.

Kawasan desain mempunyai empat cakupan, yaitu :

  • Desain Sistem Pembelajaran (DSI) adalah prosedur yang terorganisasi yang meliputi langkah-langkah penganalisaan, perancangan, pengembangan, pengaplikasian, dan penilaian pembelajaran.
  • Desain Pesan meliputi perencanaan untuk merekayasa bentuk fisik dari pesan (Grawbowski, 1991 : 206). Karakteristik lain dari desain pesan adalah bahwa desain harus bersifat spesifik baik terhadap mediannya maupun tugas belajarnya.
  • Strategi Pembelajaran adalah spesifikasi untuk menyeleksi serta mengurutkan peristiwa belajar atau kegiatan pembelajaran dalam suatu pembelajaran.
  • Karakteristik Pebelajar adalah segi-segi latar belakang pengalaman pebelajar yang berpengaruh terhadap efektifitas proses belajarnya.

2. Pengembangan

Kawasan pengembangan berakar pada produksi media. Teknologi merupakan tenaga penggerak dari kawasan pengembangan. Pengembangan yakni suatu proses penterjemahan dari desain menjadi bentuk nyata.

Kawasan pengembangan dapat diorganisasikan dalam empat bidang garapan yaitu:

  • Teknologi Cetak. Teknologi cetak adalah cara untuk memproduksi atau menyampaikan bahan, seperti buku-buku dan bahan-bahan visual yang statis, terutama melalui proses pencetakan mekanis dan fotografis.
  • Teknologi Audiovisual. Teknologi audiovisual merupakan cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual.
  • Teknologi berbasis Komputer. Teknologi berbasis computer merupakan cara-cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan perangkat yang bersumber pada mikroprosesor.
  • Teknologi Terpadu. Teknologi terpadu merupakan cara untuk memproduksi dan menyampaikan bahan dengan memadukan beberapa jenis media yang dikendalikan computer.

3. Pemanfaatan

Pemanfaatan adalah aktivitas menggunakan proses dan sumber untuk belajar. Mereka yang terlibat dalam pemanfaatan mempunyai tanggung jawab untuk mencocokan pemelajar dengan bahan dan aktivitas yang tertentu, menyiapkan pebelajar agar dapat berinteraksi dengan bahan dan aktivitas yang dipilih, memberikan bimbingan, memberikan penilaian atas hasil yang dicapai pebelajar, serta memasukannya ke dalam prosedur organisasi yang berkelanjutan.

Empat kategori yang tergolong dalam kawasan pemanfaatan meliputi :

  • Pemanfaatan Media ialah penggunaan yang sistematis dari sumber belajar.
  • Difusi Inovasi adalah proses berkomunikasi melalui strategi yang terencana dengan tujuan diadopsi.
  • Imlementasi dan Pelembagaan ialah penggunaan bahan dan strategi pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya (bukan tersimulasikan). Sedangkan pelembagaan yaitu penggunaan yang rutin dan pelestarian dari inovasi pembelajaran dalam suatu struktur atau budaya organisasi.
  • Kebijakan dan Regulasi adalah aturan dan tindakan) yang mempengaruhi difusi atau penyebaran dan penggunaan Teknologi Pembelajaran.

4. Pengelolaan

Pengelolaan meliputi pengendalian teknologi pembelajaran melalui perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan supervisi. Secara singkat ada empat kategori dalam kawasan pengelolaan, yaitu :

  • Pengelolaan Proyekmeliputi perencanaan, monitoring dan pengendalian proyek desain, dan pengembangan.
  • Pengelolaan Sumbermencakup perencanaan, pemantauan, dan pengendalian system pendukung dan pelayanan sumber.
  • Pengelolaan Sistem Penyampaianmeliputi perencanaan, pemantauan, pengendalian.
  • Pengelolaan Informasi meliputi perencanaan, pemantauan dan pengendalian cara penyimpanan, pengiriman/pemindahan atau pemrosesan informasi dalam rangka tersedianya sumber untuk kegiatan belajar.

5. Penilaian (Evaluasi)

Penilaian ialah proses penentuan memadai tidaknya pembelajaran dan belajar. Penilaian mulai dengan analisis masalah. Ini adalah langkah yang penting dalam pengembangan dan penilaian pembelajaran karena tujuan dan hambatan dijelaskan pada langkah ini.

Dalam kawasan penilaian terdapat empat subkawasan,yaitu :

  • Analisis Masalahmencakup cara penentuan sifat dan parameter masalah dengan menggunakan strategi pengumpulan informasi dan pengambilan keputusan.
  • Pengukuran Acuan-Patokan (PAP)meliputi teknik-teknik untuk menentukan kemampuan pebelajar untuk menguasai materi yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Penilaian formatif berkaitan dengan pengumpulan informasi tetntang kecukupan dan penggunaan informasi ini sebagai dasar pengembangan selanjutnya.
  • Penilaian sumatif berkaitan dengan pengumpulan informasi tentang kecukupan untuk pengambilan keputusan dalam pemanfaatan.

B. Pembelajaran Berbantuan Komputer

Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer sebagai alat bantu pembelajaran, yang mencakup komputer sebagai alat bantu (tools) dan komputer sebagai tutor. Komputer sebagai tutor maksudnya adalah komputer mengganti peranan guru dalam mengajar, mempresentasikan informasi, menguji melalui pertanyaan dan memberikan umpan balik seperti dalam pembelajaran berprogram atau melibatkan siswa dalam simulasi dan permainan.

1. Ciri Khas Pembelajaran Berbantuan Komputer

  • Siswa berada di depan komputer, kemudian siswa menginputkan pendapat dan informasinya melalui keyboard. Kemudian siswa dapat menyimak dan berkomunikasi selayaknya proses pembelajaran di dalam kelas konvensional melalui layar monitor.
  • Informasi atau materi pembelajaran disajikan untuk siswa dan siswa bebas menyerap materi seluas mungkin, siswa juga bebas melakukan reaksi terhadap materi yang diberikan pada PBK setelah siswa selesai membaca seluruh materi.
  • Setelah materi selesai dibaca siswa, layar monitor akan menampilkan pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Jika siswa menjawab benar maka akan muncul pertanyaan baru. Namun jika siswa menjawab salah maka program akan meminta siswa mengulang materi pembelajaran.

C. Hubungan Teknologi Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbantuan Komputer

Seperti yang telah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya Teknologi Pembelajaran adalah suatu teori serta penerapan dalam usaha sistematis untuk mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, serta mengevaluasi keseluruhan proses dan sumber belajar secara efektif. Tujuan utama dari teknologi pembelajaran adalah untuk membantu memecahkan masalah dalam belajar. Sedangkan dalam hubungannya dengan Teknologi Pembelajaran, Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah salah satu produk hasil implementasi dari Teknologi Pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu dan tutor dalam belajar. Di dalam Pembelajaran Berbantuan Komputer, materi pelajaran disajikan dalam bentuk digital yang dapat diakses dengan menggunakan komputer. Dengan kata lain komputer berperan sebagai sumber belajar dan juga guru atau tutor. Dalam pengembangan Pembelajaran Berbantuan Komputer, perlu memperhatikan tahapan seperti yang tercantum pada Teknologi Pembelajaran yang meliputi: desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan penilaian.

 

 

 

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

  • Teknologi Pembelajaran adalah suatu teori serta penerapan dalam usaha sistematis untuk mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, serta mengevaluasi keseluruhan proses dan sumber belajar secara efektif.
  • Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah segala sesuatu aktivitas pembelajaran yang dilakukan melalui komputer sebagai alat bantu pembelajaran, yang mencakup komputer sebagai alat bantu (tools) dan komputer sebagai tutor.
  • Pembelajaran Berbantuan Komputer adalah salah satu produk hasil implementasi dari Teknologi Pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai alat bantu dan tutor dalam belajar


Daftar Rujukan

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA;

Rahmat, Angga. 2012. PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

DALAM TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, (Online), (http://sumberbelajarangga.wordpress.com/2012/12/10/pbk-dalam-teknologi-pembelajaran/), diakses 16 Februari 2014.

 

Yudha, Nanang. Tanpa tahun. Kawasan Teknologi Pembelajaran, (Online), (http://nanangpeye.blogspot.com/2012/06/kawasan-teknologi-pembelajaran.html), diakses 16 Februari 2014.

 

Balkis, Emil. Tanpa tahun. Kawasan dan Bidang Teknologi Pendidikan, (Online), (http://emilbalkis.wordpress.com/tugas/kawasan-dan-bidang-garapan-teknologi-pendidikan/), diakses 16 Februari 2014.

 

Desi, Septi. 2012. Pembelajaran Berbantuan Komputer Dalam Teknologi Pembelajaran, (Online), (http://septi-pendtium10.blogspot.com/2012/10/pembelajaran-berbantuan-komputer-dalam.html), diakses 16 Februari 2014.

 

Indriani, Weka. Tanpa tahun. Teknologi Pembelajaran, (Online), (http://wekaindriani.wordpress.com/about/teknologi-pembelajaran/), diakses 16 Februari 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s