Cara Pembersihan Komponen PC


Tujuan utama pembersihan perangkat PC adalah untuk memelihara komponennya agar tetap tahan lama dan berfungsi dengan baik. Setiap komponen memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga prosedur pembersihannya pun berbeda-beda. Sebelum membersihkan PC, persiapkan dahulu alat-alat sebagai berikut:

  • Obeng
  • Tang
  • Kuas
  • Kain Kering
  • Karet Penghapus
  • Blower / Vacum cleaner kecil
  • Disk Cleaner

Berikut adalah beberapa peralatan yang membutuhkan pembersihan beserta tata cara pembersihannya:

1. Chasing CPU

Casing dapat diibaratkan dengan bangunan atau rumah, dari sebuaah komputer, sehingga kekuatan dan keindahan sebuah komputer terletak pada casing PC. Pada casing PC biasanya terdapat powersupply, fan dan led indikator beserta saklar atau tombol-tombol power dan restart. Permasalahan yang sering terjadi pada case komputer adalah debu yang terbawa oleh fan casing komputer itu sendiri atau sarang serangga. Kotoran tersebut selain mengganggu keindahan juga dapat berdampak jelek pad fan dan komponen lain pada motherboard. Sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin. Alat yang digunakan untuk membersihkan case komputer cukup dengan kuas dan penyedot debu mini. Untuk bagian sudut terutama bagian depan perlu diperhatikan pengkabelan yang mudah lepas akibat hentakan, terutama pada bagian kabel untuk tombol saklar.pada bagian belakang yang perlu diperhatikan adalah pada bagian ventilasi  atau tempat fan, karena disitulah semua debu berkumpul akibat hembusan angin yang dibawa oleh fan.

2. CD-Rom(R) dan CD-Rom(RW)

CD-Rom(R) dan CD-Rom(RW) merupakan alat yang umum digunakan. Masalah yang sering mengganggu pada CD-Rom(R) dan CD-Rom(RW) terletak pada optik atau lensanya. Langkah yang digunakan untuk membersihkan optik atau lensanya dari debu atau kotoran lain adalah dengan menggunakan CD cleaner. Prinsip kerja dari CD cleaner mirip dengan disk cleaner, hanya bentuknya saja yang berbeda. Langkah-langkah membersihkannya adalah:

  • Teteskan cairan pembersih ke CD Cleaner
  • Masukkan CD cleaner ke Cd-Rom
  • CD cleaner akan berputar dan sikat atau kain yang melekat pada disk(CD) akan menyikat optik atau lensa pada CD-Rom(R)atau CD-Rom(RW).

2. Power Supply

Power supply berfungsi mengubah arus AC menjadi arus DC untuk di distribusikan keberbagai macam komponen pada komputer. Daya power supply berkisar 150 watt sampai 350 watt. Perawatan yang perlu dilakukan unntuk merawat power supply adalah dengan memperhatikan kelancaran fan power supply, dan rajin membersihkannya dengan blower atau kuas.  Selain itu ditambahkan sebuah alat yang sering disebut stabilizer tegangan, karena dengan alat ini akan meringankan krja dari power supply, sehingga akan mengurangi panas yang dikeluarkan oleh power supply.

3. Processor

Komponen ini juga sering di sebut dengan processor, komponen ini merupakan otak dari komputer.  Processor memerlukan pendingin yang sangat ekstra. Pendingin processor terdiri dari heatsink dan fan pendingin. Processor merupakan komponen yang paling panas sehingga harus sering di monitor. Untuk perawatan pada processor adalah dengan memperhatikan tata letak fan, sehingga udara dapat berputar dengan lancar. Kemudian perlu dipilih fan processor dengan putaran yang tinggi (minimal 5400 rpm) dan juga perlu dipilih heatsink dengan bahan penghantar panas yang baik, seperti tembaga dan alumunium. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan silicon grease agar penghantar panas lebih lancar.

4. Motherboard

Motherboard merupakan tempat dari semua komponen komputer. Motherboard digunakan untuk menghubungkan antara komponen satu dengan komponen yang lainnya.  Perawatan yang dilakukan pada motherboard adalah dengan menjaga suhu dari motherboard, yaitu dengan memperlancar sirkulasi udara pada sytem. Karena motherboard tempat tersambungnya berbagai komponen, maka kabel-kabel yang tersambung perlu diikat dengan pengikat kabel, selain akan menambah rapi juga akan membuat sirkulasi udara menjadi lancar. Tata cara pembersihan motherboard adalah sebagai berikut.

  • Lepaskan semua perangkat yang melekat pada hardware.
  • Lepaskan motherboard dari chasing.
  • Bersihkan motherboard dengan blower atau kuas yang halus.
  • Untuk bagian-bagian atau sudut yang sulit, dapat dibersihkan dengan blower.
  • Untuk gangguan dari debu dan sarang serangga cukup dibersihkan dengan kuas atau penyedot debu mini dengan menyesuaikan ukuran sikat pada sudut yang sempit, jangan sampai mengganggu komponen yang terpasang, seperti RAM dan processor.

5. RAM

RAM merupakan memori sekunder untuk menyimpan data sementara yang akan diproses. Tata cara pembersihannya adalah sebagai berikut.

  • Lepaskan RAM dari soketnya.
  • Bersihkan debu-debu yang menempel di permukaan ram dengan kuas kecil/ mini blower.
  • Untuk bagian tembaganya, bersihkan dengan menggunakan karet penghapus, agar noda hitam yang ada dapat terangkat.
  • Bersihkan sisa-sisa penghapus dengan kuas/ mini blower.

6. VGA

VGA adalah untuk perangkat yang bertugas menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Tata cara pembersihannya hampir sama dengan membersihkan RAM, namun pada port VGA-nya perlu dibersihkan dengan mini blower pada bagian dalamnya yang terkena debu.

7. Harddisk

Harddisk harus tetap terawat agar data-data yang disimpannya dapat terjaga dengan baik. Untuk pembersihan fisiknya cukup hilangkan debu dengan menggunakan kuas kecil. Sedangkan untuk merawat secara logik adalah dengan menggunakan software cleaner seperti CCcleaner, Tune Up Utilities, dan lain sebagainya, agar file-file sampah yang tidak berguna dalam harddisk dapat dihilangkan.

Berikut adalah video tutorial pembersihan PC.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s