Sejarah dan Pengenalan OpenGL


Pada tahun 1982,seorang profesor dari Stanford University yang bernama Jim Clark memulai membuka perusahaan komputer grafis yang pertama yaitu Silicon Graphics Computer System, yang kemudian dikenal dengan nama SGI. Para teknisi SGI membutuhkan cara yang standar spesifikas untuk pengoperasian dan transformasi 3D, oleh sebab itu mereka mendesain sebuah aplikasi pemrograman antarmuka (API) yang bernama IrisGL.  IrisGL ini hanya dapat digunakan pada hardware keluaran dari SGS (tidak bersifat open-standard). Pada saat yang bersamaan, vendor lain termasuk Sun Microsystem, IBM dan Hewlett-Packard juga mengeluarkan produk 3D hardware di pasaran. Mereka menggunakan jenis API lain yang disebut PHIGS. Karena vendor lain juga meluncurkan produk 3D hardware di pasaran, lingkup pemasaran SGI pun menjadi berkurang.

Untuk kembali mendongkrak penjualan produk mereka ke pasaran, akhirnya SGI mengubah IrisGL menjadi open-standard. Namun akrena alasan lisensi dan hak paten, mereka tidak dapat meluncurkan IrisGL versi open-standard. Akhirnya mereka membuat API baru berbasis IrisGL yang diberi nama OpenGL

Awalnya, OpenGL didesain untuk digunakan pada pemrograman C/C++, namun seiring dengan berjalannya waktu, OpenGL dapat digunakan pada berbagai jenis bahasa pemrograman seperti, Java, Visual, Basic, Delphi, dan sebagainya.  Untuk menggunakan OpenGl  dalam compiler bahasa pemrograman misalnya C++, dibutuhkan instalasi library tertentu. GLUT (OpenGL utility Toolkit) merupakan library dari pengembangan OpenGL untuk sistem windows. GLUT  didesain untuk membuat program OpenGL yang berukuran kecil sampai medium. GLUT tidak dapat secara langsung digunakan, karena membutuhkan beberapa file tambahan antara lain : glut.h, glut.lib, dan glut32.dll yang disimpan pada direktori tertentu.

Langkah menginstal library GLUT :

  1. Copykan file glut.h di dalam folder c:Program FilesMicrosoft Visual Studio 9.0/VC/Iclude
  2. Copykan file glut32.lib di dalam folder  c:Program FilesMicrosoft Visual Studio 9.0/VC/lib
  3. Copykan file glut32.dll di dalam folder c:WindowsSystem32

Setelah semua file tersebut di copy kan pada tempatnya, maka  pemrograman OpenGL dapat dijalankan.

Daftar Rujukan :

http://www.articlecenter.org/install-library-glut-pada-windows/

http://www.falloutsoftware.com/tutorials/gl/gl2p5.htm

http://hey-forshare.blogspot.com/2012/03/konsep-dasar-opengl-ii.html

http://www.codingunit.com/the-history-of-opengl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s